banner here

Pengertian Web Service dan Web Server

advertise here


Setelah banyak bercerita tentang kehidupan yang terjal dan sangat tak masuk di akal, saatnya posting mengenai sesuatu yang ada kaitannya dengan pemrograman. Pada saat kuliah dulu, saya tak bisa membedakan mana yang dimaksud dengan web service dan web server, hingga sekarang pun saya masih kurang jelas mengenai mana sih yang namanya web service dan mana yang namanya web server. Mari kita sama sama simak artikel yang akan menjelaskan pengertian tentang web service dan web server.

Web Service


Web-Service
Web service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu. Secara umum, web service dapat diidentifikasikan dengan menggunakan URL seperti hanya web pada umumnya. Namun yang membedakan web service dengan web pada umumnya adalah interaksi yang diberikan oleh web service. Berbeda dengan URL web pada umumnya, URL web service hanya menggandung kumpulan informasi, perintah, konfigurasi atau sintaks yang berguna membangun sebuah fungsi-fungsi tertentu dari aplikasi.

Web service dapat diartikan juga sebuah metode pertukaran data, tanpa memperhatikan dimana sebuah database ditanamkan, dibuat dalam bahasa apa, sebuah aplikasi yang mengkonsumsi data, dan di platform apa sebuah data itu dikonsumsi. Web service mampu menunjang interoperabilitas. Sehingga web service mampu menjadi sebuah jembatan penghubung antara berbagai sistem yang ada.

Menurut W3C Web services Architecture Working Group pengertian Web service adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mendukung interoperabilitas interaksi mesin ke mesin melalui sebuah jaringan. Interfaceweb service dideskripsikan dengan menggunakan format yang mampu diproses oleh mesin (khususnya WSDL). Sistem lain yang akan berinteraksi dengan web service hanya memerlukan SOAP, yang biasanya disampaikan dengan HTTP dan XML sehingga mempunyai korelasi dengan standar Web (Web Services Architecture Working Group, 2004).

Web pada umumnya digunakan untuk melakukan respon dan request yang dilakukan antara client dan server. Sebagai contoh, seorang pengguna layanan web tertentu mengetikan alamat url web untuk membentuk sebuah request. Request akan sampai pada server, diolah dan kemudian disajikan dalam bentuk sebuah respon. Dengan singkat kata terjadilah hubungan client-server secara sederhana.
Sedangkan pada web service hubungan antara client dan server tidak terjadi secara langsung. Hubungan antara client dan server dijembatani oleh file web service dalam format tertentu. Sehingga akses terhadap database akan ditanggani tidak secara langsung oleh server, melainkan melalui perantara yang disebut sebagai web service. Peran dari web service ini akan mempermudah distribusi sekaligus integrasi database yang tersebar di beberapa server sekaligus.


Web Server


Apache-Web-Server
Dalam kemajuan teknologi zaman sekarang, jaringan internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya. Jika bicara tentang internet, tentu tidak akan bisa lepas yang namanya web server. Sebagian orang mungkin mengetahui istilah web server, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang belum tahu mengenai Pengertian Web Server ini. Secara umum dapat disimpulkan bahwa Pengertian Web Server adalah sebuah layanan internet yang telah disediakan oleh komputer.

Dalam memasukkan web yang telah dirancang dalam internet, maka terlebih dahulu memiliki ruangan dalam internet dan ruangan inilah disediakan oleh server. Selain itu juga, Pengertian Web server merupakan sebuah perangkat komputer yang digunakan untuk mengakses segala jenis file yang terdapat pada halaman web melalui HTTP/HTTPS dengan menggunakan aplikasi atau program tertentu (dikenal dengan nama web browser) dan mengirimkan kembali hasil permintaannya dalam bentuk halaman – halaman web yang berbentuk dokumen HTML.

Dalam Pengertian Web server, terdapat jenis-jenis paket software yang digunakan di internet yaitu :

   - Microsoft Windows Server 2003 Internet Information Services
   - Apache Tomcat
   - Xitami Web Server
   - Zeus Web Server
   - Lighttpd
   - Sun Java System Web Server
   - Apache Web Server

Dalam Pengertian Web Server, terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan agar sebuah web server ini bisa berfungsi dengan baik dan berjalan sempurna yaitu :

   - Mempunyai RAM yang kapasitas sangat besar
   - Memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi
   - Mempunyai alamat internal yang tidak berubah (bersifat permanen)
   - Memiliki hardisk yang berkapasitas cukup besar

Ada tiga macam log yang harus diperhatikan dalam memonitor kegiatan web server yaitu sebagai berikut :

   1. Access log adalah file yang berfungsi untuk mencatat semua akses yang dilakukan terhadap web server. Selain itu, data yang diambil dari file ini kemudian diproses menjadi data statistik yang mudah dibaca dan dimengerti orang.

   2. Server log adalah file yang berfungsi untuk mencatat kejadian-kejadian tertentu pada web server. Tetapi, file ini hanya diperiksa jika ternyata webserver ini terjadi kesalahan. Selain itu, server log merupakan logging yang dilakukan oleh server dalam pencatatan file/messages/log.

   3. Error log adalah file yang berfungsi untuk mencatat setiap kesalahan yang terjadi pada web server, apakah kesalahan terjadi pada file konfigurasi yang berupa kesalahan pada pembuatan webnya. File ini merupakan pesan-pesan kesalahan dan pemberitahuan pengoperasian httpdnya. Dengan melihat error.log, maka akan diketahui bahwa web mengalami kesalahan pada waktu pembuatan.

Kegunaan yang utama pada Pengertian Web server ini adalah mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi (HTTP) yang telah ditentukan. Selain itu, web server berfungsi untuk mentransfer seluruh berkas/file dalam sebuah halaman web yang saling terkait misalnya di dalamnya terdapat teks, video, gambar dan lainnya. Pengguna pada web browser, biasanya meminta layanan atas halaman web atau berkas yang terdapat pada sebuah server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan mengirimkan kembali halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan. Apabila halaman/berkas yang diminta tidak tersedia, maka permintaan tersebut akan ditolak.

Fitur-fitur yang ditawarkan dalam Pengertian Web server, yaitu :

   1. HTTP
   2. Logging
   3. Virtual Hosting
   4. Pengatur Bandwith
   5. Otentifikasi
   6. Kompresi Konten
   7. Dukungan HTTPS

Salah satu software web server gratisan (freeware) yang mempunyai dukungan teknis dari pembuatnya dan dilengkapi dengan dokumentasi dinamakan Web server Apache. Pengertian Web server ini mempunyai kelebihan yaitu antara lain :

   - Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi.
   - Mempunyai satu file konfigurasi sehingga mudah mengkonfigurasi.
   - Mudah dalam proses instalasi apabila dibandingkan dengan web server lainnya.
   -Mudah dalam menambahkan periferal lainnya ke dalam platform web server.

Ciri khas dari web server Apache ini adalah sebagai berikut :

   - Server Apache dapat berkomunikasi otomatis dengan client browsernya untuk menunjukkan yang tampilan terbaik.
   - Apache menyediakan feature untuk multihomed dan virtual server.
   - Apache mampu dikompilasi sesuai dengan spesifikasi HTTP yang sekarang.
   - Dapat dijadikan sebagai pengganti bagi NCSA web server.
   - Apache mempunyai level-level pengamanan.
   - Memiliki dukungan teknis melalui web.
   - Memiliki kompatibilitas platform yang tinggi.
   - Mendukung adanya third party berupa modul-modul tambahan.


Sumber :
http://isma-ismi.com/pengertian-web-server.html
https://draft.blogger.com/saptafina13.blogspot.com/2013/04/pengertian-web-service.html

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Sederhana Ini ...